Sabtu, 11 Mei 2013

Tugas SoftSkill Bulan Kedua

1. Apa yang dimaksud dengan shading ?
pengaturan pencahayaan pada objek. Pencahayaan disini ada 5 macam, yaitu : point, sun, spot, hemi, area.
2.  Apa yang dimaksud dengan Ambient, Specular dan Diffuse ?
  • Ambient : mengatur pencahayaan (shading) terhadap suatu objek agar objek 3d tersebut seolah-olah hidup
  • Specular : efek kilauan pada benda. Efek ini akan tampak jelas pada objek yang memiliki banyak face dengan berbagai sudut. Intensity dibawah kotak warna putihnya Specular mengatur banyaknya cahaya yang dapat dipantulkan, makin mendekati 1 makin berkilau.
  • c. Diffuse : Mengatur warna pada objek
3. Mapping berkaitan dengan objek material 
a. Apa yang dimaksud dengan mapping ?
suatu proses pemodelan 3D membuat gambar 2D mewakili sebuah model 3D. Peta mengubah objek 3D ke gambar dikenal sebagai tekstur. Berbeda dengan “X”, “Y” dan “Z”, yang merupakan koordinat untuk objek 3D asli dalam ruang modeling, “U” dan “V” adalah koordinat obyek yang berubah. Hal ini menciptakan efek lukisan gambar ke permukaan objek 3D.
b. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis mapping ?
1. Texture map  : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygon.
Texture map terdiri dari :
  • bitmap : memilih file gambar image
  • checker : pola papan catur
  • marble : tekstur berupa marmer
  • gradien : tekstur dari gradasi tiga buah warna
  • water : menampilkan efek air
  • wood : menampilkan tekstur kayu
2. Mapping coordinate
  • offset : menggeser posisi bitmap pada material
  • tilling : mengatur duplikasi bitmap pada material
  • mirror : mencerminkan bitmap pada material
  • tile : pengkotakkan material
  • angle : perputaran material pada objek
  • uv/vw/wv : orientasi mapping
  • blur : memberikan efek kabur
a. Rancanglah game sangat-sangat sederhana
Goal untuk menyelesaikan games Tak Tik Bum Wer ini adalah membuat sebuah
deretan ikon gambar yang dapat dibentuk secara vertical, horizontal, diagonal.
Berikut contoh tampilan untuk dapat memenangkan permainan ini.
Untuk memulai permainan, mula-mula klik Mulai Baru lalu dilanjutkan dengan
pemilihan level yang telah ada. Level yang tersedia ada tiga tingkatan yaitu : Easy,
Normal dan Hard. Setiap level terdapat perbedaan. Berikut tampilan permainan
dibawah ini.
Namun tak hanya sebatas kemenangan yang didapet permainan ini, kekalahan
karena keabisan waktu pun sudah direncanakan. Karena permainan ini lebih
menekankan pada konsep AI atau Artificial Intelegent maka player sangat tidak
diharapkan untuk memperoleh kemenangan. Sebagai berikut tampilannya.
Namun tak hanya sebatas habisnya waktu bermain, tetapi kalah karena lawan
main yaitu komputer (AI) yang terus menerus menghalangi jalan player.
b. Buatlah skenario game tersebut
Aturan main (Rule) yang digunakan pada games Tak Tik Bum Wer ini adalah
sebagai berikut:
1. User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan letak dari ikon gambar yang telah disediakan untuk dimainkan. User diberi kebebasan
untuk meletakkan gambar di mana saja selama berada di papan permainan.
2. Komputer diberi pembelajaran untuk menghalangi jalan user untuk mencapai
Goal (Tujuan).
3. Komputer juga diberi pembelajaran untuk memenangkan games ini
(membentuk suatu garis lurus berdasarkan simbolnya) .
c. Buatlah 1 objek yang ada pada game tersebut
Teman Kelompok :
Prihanto Haidi Bantara
Arie Pratama

Tugas Softskill Bulan Pertama

Scan Conversion
Scan Conversion merupakan metoda untuk memetakan titik ke dalam suatu pixel. Scan Conversion dapat dilakukan terhadap Line (garis), polygon, ataupun garis lengkung (kurva).
Tugas!!
Sebutkan algoritma untuk menggambar garis! Konversi Scan Garis (line):
  • Algoritma DDA, adalah suatu algoritma (pendekatan) pengkonversian suatu himpunan pixel–pixel menjadi suatu garis yang didasari atas perhitungan delta(x) dan delta(y);
  • Algoritma Bresenham merupakan suatu algoritma (pendekatan) yang dikreasikan oleh Bresenham yang tidak kalah akurat dan efisien dengan algoritma primitif lainnya (seperti DDA), bagian pengkonversian (scan–konversi) garis akan melakukan kalkulasi untuk penambahan nilai–nilai integer (yang dibutuhkan untuk membentuk garis) yang disesuaikan dengan tipe grafik yang dipakai oleh layar komputer.
  • Algoritma midpoint merupakan algoritma pembuatan garis dan kurva dengan dasar operasi bilangan integer yang menonjolkan ciri kecepatan. Sehingga algoritma ini dapat dipakai sebagai algoritma pembuatan grafik yang menuntut kecepatan sebagai hal yang diutamakan.
Berikan satu (1) algoritma untuk menggambar garis! Contoh prosedur algoritma DDA dengan menggunakan bahasa C : Void Line (int xa, ya, xb, yb,xpix, ypix; Float x, y) { int step, k; float dx = xb – xa, dy = yb-ya, x_increment, y_increment; x = xa; y = ya; if (abs(dx)>abs(dy)) step=abs(dx; else step = abs(dy); setPixel(x, y); for (k=0; k < step; k++) { x+=x_increment; y+=y_increment; setPixel (round(x),round(y)); } }; Yang harus diperhatikan dalam menggambar garis:
  • Ketebalan garis (thickness) dan
  • Bentuk tepi garis (ends): Butt, Round, dan Square.
Berikan contoh gambar garis dengan bentuk tepi Butt, Round, dan Square! Berdasarkan tebalnya ada dua macam yaitu garis tebal dan garis tipis dengan perbandingan 1 : 0.5. Pada umumnya tebal untuk garis tebal adalah 0.5 mm atau 0.7 mm. Dengan jarak minimum antara garis sejajar ( termasuk garis arsiran ), tidak boleh kurang dari tiga kali tebal garis yang paling tebal.
1. Type Round
Tipe garis round merupakan tipe garis yang mebentuk sebuah lingkaran
Gambar
2. Type Square
Tipe garis square merupakan tipe garis yang membentuk sebuah persegi.
Gambar
Penggabungan garis (Joining): Ugly, Bevel, Round, Miter.
Berikan contoh gambar penggabungan dua garis dengan tipe Ugly, Bevel, Round, dan Miter!!
- Ugly Join
Penggabungan dua buah garis yang memilik sudut lebih kedalam.
- Bevel
Penggabungan dua buah garis yang memiliki sudut lebih menonjol.
- Round
Penggabungan dua buah garis yang memiliki sudut lebih melingkar.
- Miter
Penggabungan dua buah garis yang memiliki sudut lancip.
Gambar
Transformation
Transformation adalah suatu metoda untuk mengubah lokasi titik. Operasi-Operasi Primitive pada Transformations terbagi menjadi:
  • Scale,
  • Rotate,
  • Shear,
  • Flip,
  • Translate
Tugas!!
Berikan 1 contoh gambar objek!!
Gambar
Pengertian Scale,Rotate,Shear,Flip,Translate,dan Rotasi !!
Hasil transformasi objek tersebut yang ditransformasikan dengan Scale, Rotate, Shear, Flip, Translate, dan Rotasi
- Scale
Adalah skala pengali sama untuk semua komponen
Gambar
- Rotate/Rotasi
Rotasi terhadap titik (0,0) sebanyak 450
Gambar
- Shear
shear terhadap sumbu y
Gambar
- Flip
Flip terhadap sumbu x
Gambar
-Translate
(tx,ty) disebut vector Translasi
Gambar
Apakah perbedaan antara Linear Transformation dan Non-Linear Transformation?
Model linier menunjukkan hubungan antara dua variabel mengikuti garis lurus. Sedangkan non linier mengikuti garis yang tidak lurus, misalnya kuadratik (garisnya melengkung ke atas lalu turun ke bawah). Dalam transformasi linear, metoda pengubahan lokasi titik dilakukan secara teratur, dan membentuk semacam pattern. Misalnya dalam grafik 2 dimensi, transformasi linear melakukan penambahan atau pengurangan garis lurus secara teratur. Contoh transformasi linear :
Gambar
Sedangkan transformasi non linear adalah metoda pengubahan lokasi titik yang tidak dilakukan secara teratur. Dalam grafik, pengurangan atau penambahan garis yang dilakukan tidak akan membentuk sebuah pattern yang teratur. Contoh transformasi non linear :
Gambar
Berikan contoh Linear Transformation dan Non-Linear Transformation dari Operasi-Operasi Primitive transformation!
Linear Transformation
Gambar
Gambar
Non Linear Transformation
Gambar
Apakah perbedaan antara Geometric Transformation dan Color Space Transformation?
Perbedaannya adalah, dalam transformasi geometric perubahan titik lebih memfokuskan pada bentuk dari objek yang berubah tersebut. Sedangkan Color space transformation lebih menitik beratkan pada perubahan warna dari titik-titik pixel tersebut.
Apakah yang dimaksud dengan Koordinat Homogen (Homogeneous Coordiantes)?
Transformasi Koordinat, yang diubah system koordinatnya sehingga objek mengalami transformasi dikarenakan perubahan system koordinat tersebut.
PROYEKSI
Proyeksi merupakan salah satu jenis transformasi, yaitu transformasi koordinat. Proyeksi pada bidang datar (planar) dilakukan melalui sinar proyeksi yang muncul dari titik pusat proyeksi melewati setiap titik dari benda dan memotong bidang proyeksi (projection plane) untuk mendapatkan benda hasil proyeksi. Proyeksi Planar (Planar Geometric Projections) dibedakan menjadi:
Proyeksi Paralel.
Berdasarkan hubungan antara arah proyeksi dengan vektor normal dari bidang proyeksi, proyeksi paralel dibedakan menjadi:
1. Orthographic Proyeksi orthographic ada yang disebut proyeksi axonometric. Proyeksi Axonometric dibedakan menjadi proyeksi:
  • isometric,
  • dimetric, dan
  • trimetric.
2. Oblique.
Proyeksi Perspektif.
Perbedaan antara proyeksi parallel & perspektif adalah: pada proyeksi parallel jarak antara titik pusat proyeksi ke bidang proyeksi tidak terhingga, sementara para proyeksi perspektif jarak antara titik pusat proyeksi ke bidang proyeksi bersifat infinite (tertentu).
Tugas !!
Berikan penjelasan mengenai Proyeksi Orthographic?
Proyeksi Orthographic diperoleh apabila sinar proyeksi tegak lurus dengan bidang proyeksi. Proyeksiorthographic sering digunakan untuk menghasilkan tampak depan, tampak belakang, tampak samping dan tampak atas dari sebuah benda atau disebut sebagai Multiview orthographic. Tampak atas, tampak belakang dan tampak dari samping sebuah benda sering disebut sebagai elevation. Sedangkan tampak dari atas disebut sebagai plan view.
Transformasi untuk proyeksi multiview orthographic dapat diperoleh dengan rumus:
Proyeksi terhadap bidang x-z:qx = px,qy =pz
Proyeksi terhadap bidang y-z:qx = px,qy =pz
Proyeksi terhadap bidang x-y:qx = px,qy =py
Gambar
Proyeksi orthographic yang menampakan lebih dari satu permukaan benda disebut sebagai proyeksi axonometric
  • proyeksi axonometric dilakukan dengan mengatur agar bidang proyeksi berpotongan dengan ketiga sumbu koordinat (principal axes) pada sudut yang sama maka kita akan memperoleh proyeksi isometric.
  • proyeksi dimetric yaitu proyeksi yang diperoleh dengan mengatur agar bidang proyeksi berpotongan dengan dua sumbu utama pada sudut yang sama.
  • proyeksi trimetric diperoleh apabila ketiga sumbu utama berpotongan dengan bidang proyeksi pada sudut yang berbeda.
Gambar
Berikan penjelasan mengenai Proyeksi Perspective?
Proyeksi perspektif memberikan sudut pandang yang lebih realistis dibandingkan proyeksi orthographic. Proyeksi perspektif pada kenyataannya jarak benda terhadap kita akan mempengaruhi bagaimana benda tersebut terlihat. Benda yang terlihat jauh akan kelihatan kecil sedangkan benda yang dekat akan terlihat lebih besar. Efek ini disebut sebagai shortening. Padaperspektif semua garis menghilang pada satu atau lebih titik yang sama atau disebut titik hilang (vanishing point).
Secara umum garis perspektif bisa diartikan penggambaran ruang 3 dimensi dam bidang gambar 2 dimensi dimana garis dalam gambar menjelaskan keberadaan jauh dekat , besar kecil sebuah benda sebagai object dalam sebuah penggambaran.
Macam-macam proyeksi perspektif Dalam gambar teknik, yaitu :
1. Perspektif Satu Titik Hilang (one point perspective)
Sistem perespektif ini digunakan untuk menggambar obyek (benda) yang terletak relatif dekat dengan mata. Karena letak obyek yang cukup dekat, akibatnya mata memiliki sudut pandang yang sempit, sehingga garis-garis batas benda akan menuju satu titik lenyap saja, kecuali bila sejajar dengan horizon dan tegak lurus terhadapnya. Gambar yang demikian sering disebut dengan paralel perspective sebab banyak menggunakan garis-garis bantu yang sejajar horizon dan vertikal.
Gambar
2. Perspektif Dua Titik Hilang (two point perspective)
Sistem gambar ini digunakan untuk menggambarkan benda-benda yang letaknya relatif jauh dan letaknya tidak sejajar (serong) terhadap mata pengamat. Karena posisi pengamat jauh dengan obyek maka sudut pandang mata melebar, akibatnya garis-garis batas benda akan menuju titik lenyap sebelah kiri dan kanan. Gambar ini banyak digunakan untuk desain eksterior.
Gambar
3. Perspektif Tiga Titik Hilang (three point perspective)
Gambar perspektif ini muncul akibat benda/obyek yang diamati jauh di bawah atau ke atas horizon. Oleh karenanya sudut pandang mata melebar ke segala arah. Perspektif ini banyak digunakan untuk menggambar arsitektur bangunan yang serba tinggi.
Gambar
Berikan contoh gambar dua proyeksi tersebut!
Proyeksi orthographic
Gambar
Proyeksi Perspektif
Gambar
Buatlah tabel perbandingan diantara dua proyeksi tersebut!
perbandingan dari proyeksi Orthographic dan perspektive adalah klw Orthographic sinar proyeksi tegak lurus dengan bidang proyeksi dan perspektive sudut pandang yang lebih realistis dibandingkan proyeksi orthographic. Proyeksi perspektif pada kenyataannya jarak benda terhadap kita akan mempengaruhi bagaimana benda tersebut terlihat. Benda yang terlihat jauh akan kelihatan kecil sedangkan benda yang dekat akan terlihat lebih besar.
Referensi:
http://cewexniez.blogspot.com/2013/04/pengantar-teori-game_12.html
http://mirmayf.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18155/konversi-scan.pdf
http://dc390.4shared.com/doc/VCBHNziw/preview.html
http://3ka01-kurma.blogspot.com/2010/10/algoritma-membuat-garis-dengan-cara-dda.html
http://xa.yimg.com/kq/groups/23340420/1672766938/name/Pertemuan13.pdf
http://belangtelon.blogspot.com/2011/01/3-macam-proyeksi-perspektif.html
http://sadchalis15.wordpress.com/2012/01/10/proyeksi-grafika-komputer/  



TABEL KINERJA
NPM               NAMA                                     Kinerja
51410038     Arie Pratama                           Pengerjaan 11-13
51410428     Bobby Rahmantoro                 Pengerjaan 7-10
56410810     Prihanto Haidi Bantara            Pengerjaan 1-6